PENGARUH
PENYULUHAN SUKSES MENDIDIK ANAK TANPA KEKERASAN TERHADAP SIKAP ORANG TUA MENGENAI KEKERASAN ORANG TUA PADA
ANAK
DI
TK PERTIWI 2 MIJEN
KABUPATEN
KUDUS
SKRIPSI
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk
Menyelesaikan Program Sarjana (S1) Pada Fakultas Psikologi Universitas Islam
Sultan Agung Semarang
Di
susun oleh:
Mahalena
Ristriyanti
(07.
208. 0846)
FAKULTAS
PSIKOLOGI
UNIVERSITAS
ISLAM SULTAN AGUNG
SEMARANG
2012
PERSETUJUAN
PENGARUH
PENYULUHAN SUKSES MENDIDIK ANAK TANPA KEKERASAN TERHADAP SIKAP ORANG TUA MENGENAI KEKERASAN ORANG TUA PADA ANAK
DI TK
PERTIWI 2 MIJEN
KABUPATEN
KUDUS
Dipersiapkan dan disusun oleh:
Mahalena Ristriyanti
07.208.0846
Telah Disetujui Untuk Diuji Dan
Dipertahankan Di Depan Dewan Penguji Guna
Memenuhi Sebagian Persyaratan Untuk
Mencapai Gelar Sarjana Psikologi
Pembimbing Utama Tanggal
Inhastuti Sugiasih, M. Psi ----------------
Pembimbing Pendamping
Erni Agustina S, M. Psi -----------------
Mengesahkan
Fakultas Psikologi Universitas Islam
Sultan Agung
Dekan
Dr.
Amir Asyikin Hasibuan, M. Psi
PENGESAHAN
PENGARUH
PENYULUHAN SUKSES MENDIDIK ANAK TANPA KEKERASAN TERHADAP SIKAP ORANG TUA MENGENAI KEKERASAN ORANG TUA PADA ANAK
DI TK
PERTIWI 2 MIJEN
KABUPATEN
KUDUS
Dipersiapkan dan disusun oleh:
Mahalena Ristriyanti
07.208.0846
Telah dipertahankan di depan Dewan Penguji
pada tanggal 10 Oktober 2012
Dewan Penguji
|
|
1.
Dr. Amir
Asyikin Hasibuan, M. Psi
|
_______________
|
|
|
2.
Inhastuti Sugiasih, M. Psi
|
_______________
|
|
|
3.
Erni Agustina S, M. Psi
|
_______________
|
|
|
Mengesahkan
Fakultas
Psikologi Universitas Islam Sultan Agung
Dekan
Dr. Amir Asyikin Hasibuan, M.Psi
PERNYATAAN
Yang bertanda tangan dibawah ini,
saya Mahalena Ristriyanti
dengan penuh kejujuran dan tanggung jawab menyatakan bahwa :
1. Skripsi ini adalah
karya sendiri dan belum pernah diajukan untuk memperoleh derajat kesarjanaan di
suatu perguruan tinggi manapun.
2. Sepanjang pengetahuan
saya, skripsi ini tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah
ditulis/diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam
naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.
3. Jika terdapat hal-hal
yang tidak sesuai dengan isi pernyataan ini, maka saya bersedia derajat
kesarjanaan saya dicabut.
Semarang, 8 Oktober 2012
Mahalena
Ristriyanti
PERSEMBAHAN
Karya
ini penulis persembahkan kepada:
Ayah dan Ibu tercinta yang senantiasa memberikan dorongan
semangat serta melantunkan do’a – do’a terbaik dan senantiasa mencurahkan
perhatian dengan penuh kasih sayang disetiap hembusan nafasnya.
Dosen
pembimbing yang senantiasa memberikan bimbingan,
koreksi,
nasehat dan semangat dalam mengerjakan karya ini.
Serta
Almamaterku tercinta.
MOTTO
"Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum
sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (Ar-Ra'du:11)
Pikirkanlah Kesuksesanmu
Dengan Pikiranmu
Carilah Kesuksesanmu
Dengan Panca Inderamu
Raihlah Kesuksesanmu
Dengan Kedua Tanganmu
Melangkahlah Menuju Kesuksesanmu
Dengan Kedua Kakimu
Karena Hanya Kamu yang Bisa Merubah Hidupmu
(Mahalena
Ristriyanti)
Anak-anak
tidak pandai mendengarkan orang tua mereka, tetapi mereka tidak pernah gagal
dalam meniru orang tua mereka
(James
Baldwin)
Orang
- orang yang berhenti belajar
akan
menjadi pemilik masa lalu.
Orang
- orang yang masih terus belajar,
akan
menjadi pemilik masa depan.
(Mario Teguh)
KATA PENGANTAR
Bismilahirahmannirrahim….
Puji
syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat, hidayah, dan ridho yang
diberikan kepada penulis sehingga penyusunan karya sederhana ini mampu penulis
selesaikan sebagai salah satu syarat guna mencapai derajat S-1 Sarjana
Psikologi.
Penulis
mengakui dalam perjalanan penulisan ini banyak mengalami kendala dan rintangan,
namun berkat dorongan, dukungan dan bantuan dari semua pihak baik moril maupun
meteriil, semua kendala yang berat terasa ringan. Akhirnya dengan penuh
kerendahan hati penulis mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada:
1.
Bapak Dr. Amir Asyikin
Hasibuan, M. Psi, selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan
Agung.
2.
Ibu Inhastuti
Sugiasih, M. Psi, selaku Dosen Pembimbing Utama
yang senantiasa memberikan bimbingan, arahan, dan semangat bagi penulis demi
terselesaikannya karya ini dengan baik.
3.
Ibu Erni Agustina S, M. Psi, selaku
Dosen Pembimbing Pendamping yang dengan penuh kesabaran memberikan bimbingan,
arahan, koreksi, nasehat, dan dukungan selama proses penyusunan skripsi ini.
4.
Ibu Agustin Handayani,
S. Psi, M. Si, selaku Dosen Wali yang telah memberikan arahan dan nasehat
selama penulis menempuh perkuliahan.
5.
Seluruh
Dosen Fakultas Psikologi UNISSULA selaku tenaga pengajar yang telah banyak
memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada penulis selama menuntut ilmu.
6.
Seluruh Staf dan
Karyawan Fakultas Psikologi UNISSULA yang selalu memberikan kemudahan,
fasilitas dan bantuan selama ini.
7.
Kepala sekolah, segenap
Guru dan Orang tua/wali murid di TK PERTIWI 2 Mijen, terimakasih
atas bantuan dan kerjasamanya yang sangat membantu dalam proses penyelesaian
penelitian ini..
8.
Ayah dan Ibu tercinta,
yang senantiasa memberi dukungan dan semangat serta tanpa lelah mencurahkan doa
dan kasih sayang yang tulus dalam setiap langkah kehidupan. Terimakasih atas
segalanya, semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya.
9.
Saudara
ku yang sangat ku cintai, my brother’s (Sony,
Hendri, dan Heri) my best sister’s (Mahaleni, Siti dan Diah) adik-adikku (Mahamewa,
Mahalina dan Mahalisa) serta Krucil – krucilku (Virda, Velik, Java, Kirana,
Dino) kalian adalah semangat dan inspirator dalam hidupku
untuk selalu menjadi yang terbaik.
10. Arif Liantoro terimakasih
untuk, do’a, semangat dan nasihat yang kau berikan menjadikan
ketegaran dalam setiap masalah yang ada.
11. Tim Suksesku Nashirotul Maisyah, Alfira Hanum, Badikha, Ayu
Permatasari, Sekar
Rahas yang senantiasa memberikan bantuan ide dan tenaga.
12. Teman-teman
seperjuangan, Mery, Ifa, Dyas, Citra, Adhika, Iir, Fauziah, Devi, Niken, Usbi, Aninda,
Maya, Andi,
Dani, Handoko, Ony, Kulyanto, Bayu, Bagus,
Ilham, Hermawan, Wigas, Nuha, Suma, Surya, dan
semua angkatan 2008.
13. Teman-teman kos “Wisma Gadis” mbak nuri, mbak tiwi, dewa,
dini, ratih, agustin, mega, rina dan jemi, terimakasih atas kebahagiaan dan
kebersamaannya selama ini.
14. Serta
semua pihak yang telah membantu yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu,
terima kasih atas bantuan, semangat, dan senyum, serta berbagai petuah yang
telah diberikan.
Kepada
seluruh pihak yang telah membantu penulis menyampaikan banyak terima kasih.
Penulis tidak dapat memberikan apapun sebagai balasan atas apa yang telah
diberikan kepada penulis. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan balasan yang
berlipat. Penulis menyadari bahwa karya ini masih sangat jauh dari
kesempurnaan, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari
berbagai pihak guna penyempurnaan skripsi ini. Penulis berharap karya ini dapat
bermanfaat bagi perkembangan ilmu psikologi khususnya bidang pendidikan dan perkembangan.
Semarang, 8 Oktober 2012
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................ i
HALAMAN PERSETUJUAN........................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN..........................................................................
iii
PERNYATAAN................................................................................................. iv
HALAMAN PERSEMBAHAN......................................................................... v
MOTTO............................................................................................................... vi
KATA PENGANTAR
..................................................................................... vii
DAFTAR ISI ..................................................................................................... x
DAFTAR TABEL...........................................................................................
xiv
DAFTAR GAMBAR........................................................................................ xv
DAFTAR LAMPIRAN
.................................................................................. xvi
ABSTRAK
...... xviii
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah..................................................................... 1
B. Rumusan Masalah............................................................................... 9
C. Tujuan
Penelitian ............................................................................... 9
D. Manfaat
Penelitian.............................................................................. 9
E.
Orisinalitas Penelitian
........................................................................ 9
BAB II. TINJAUAN
PUTAKA
A. Sikap ................................................................................................ 12
1.
Pengertian Sikap ....................................................................... 12
2.
Struktur Sikap............................................................................ 13
3.
Ciri – ciri Sikap.......................................................................... 14
4.
Proses Terbentuknya
Sikap........................................................ 15
5.
Faktor-Faktor yang
Menyebabkan Perubahan Sikap................. 16
B. Kekerasan Terhadap Anak................................................................ 17
1.
Pengertian Kekerasan Terhadap Anak....................................... 17
2.
Bentuk – bentuk
Kekerasan Pada Anak................................. .. 18
3.
Faktor-faktor Penyebab
Kekerasan Pada Anak......................... 19
4.
Dampak Kekerasan Terhadap Anak.......................................... 22
C. Sikap Orang tua Terhadap Kekerasan Pada Anak............................ 24
D. Penyuluhan....................................................................................... 26
1.
Pengertian
Penyuluhan.............................................................. 26
2.
Metode yang
Digunakan Dalam Penyuluhan............................ 27
3.
Penyuluhan yang
Kondusif....................................................... 28
E.
Pengaruh Penyuluhan
Sukses Mendidik Anak Tanpa Kekerasan Terhadap Sikap Orang Tua Mengenai
Kekerasan Orang Tua pada Anak.................................... 31
F.
Hipotesis .......................................................................................... 34
BAB III. METODE
PENELITIAN
A. Jenis Penelitian.................................................................................. 35
B. Identifikasi
Variabel Penelitian ....................................................... 35
C. Definisi
Operasional Variabel Penelitian.......................................... 36
1.
Variabel Tergantung.................................................................. 36
2.
Variabel Bebas........................................................................... 36
D.
Subyek Penelitian........................................................................... 37
E.
Desain Penelitian............................................................................ 37
F.
Metode Pengumpulan Data............................................................ 38
1.
Skala Sikap Orang Tua Terhadap Kekerasan Orang Tua
Pada Anak............................................................................... 38
G.
Validitas, Uji Daya Beda Aitem dan Estimasi Reliabilitas............ 39
1.
Validitas.................................................................................. 39
2.
Uji Daya Beda Aitem.............................................................. 43
3.
Estimasi Reliabilitas................................................................. 45
H.
Metode Analisis Data..................................................................... 46
BAB IV. PERSIAPAN
PELAKSANAAN, HASIL
PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
A.
Persiapan Penelitian........................................................................ 47
1.
Orientasi Kancah
Penelitian.................................................... 47
2.
Penyusunan Alat
Pengumpulan Data................................... .. 48
3.
Penyusunan Modul
Penyuluhan Sukses Mendidik Anak
Tanpa Kekerasan..................................................................... 52
B.
Pelaksanaan Penelitian.................................................................... 57
1.
Seleksi Subjek
Penelitian....................................................... .. 57
2.
Pelaksanaan
Penelitian.......................................................... .. 58
C.
Analisa Data dan Hasil
Penelitian.................................................. 61
1.
Analisis
Data.............................................................................. 61
D.
Pembahasan.................................................................................... 65
E.
Kelemahan Penelitian..................................................................... 69
BAB V. KESIMPULAN DAN
SARAN......................................................
70
A.
Kesimpulan..................................................................................... 70
B.
Saran............................................................................................... 70
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................... 72
LAMPIRAN....................................................................................................... 76
DAFTAR TABEL
Tabel
1 Tujuan yang Akan Dicapai pada Penyuluhan.............................. 28
Tabel
2 Blue
Print Skala........................................................................... 39
Tabel
3 Nomor
Sebaran Aitem Skala Sikap Orang Tua Mengenai
Kekerasan
Orang tua pada Anak ................................................ 49
Tabel
4 Nomor
Aitem dengan Daya Beda Tinggi pada Skala Sikap
Orang
Tua Mengenai Kekerasan Orang Tua pada Anak............. 50
Tabel
5 Nomor Sebaran Aitem Skala Sikap Orang Tua Mengenai
Kekerasan
Orang Tua pada Anak (Pre-Test dan Post-Test) ...... 51
Tabel
6 Materi
Modul Penyuluhan “Sukses mendidik anak
tanpa
kekerasan”.......................................................................... 53
Tabel
7 Hasil
Evaluasi Uji Coba Modul................................................... 56
Tabel
8 Daftar
Subyek Penelitian............................................................. 57
Tabel
9 Jadwal
Pelaksanaan Penelitian.................................................... 58
Tabel
10 Hasil
Uji Hipotesis Wilcoxon Signed-Rank Test
......................... 62
Tabel
11 Hasil
Skor Pre-Test dan Post-Test............................................... 62
Tabel
12 Skor
Rata-Rata Subyek Sebelum dan Sesudah Diberikan
Penyuluhan
................................................................................. 63
Tabel
13 Ranks Wilcoxon Signed-Rank Test............................................... 63
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1 Terbentuknya
Sikap.................................................................. 15
Gambar 2 Desain
Eksperimen One-Group Pretest-Posttest
Design.......... 38
Gambar 3 Hasil
nilai Pre-Test dan Post-Test ditinjau dari
Pendidikan
Terakhir.................................................................. 64
Gambar 4 Hasil
nilai Pre-Test dan Post-Test ditinjau dari
Umur
Subyek............................................................................ 64
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
A. 77
A
– 1 Formulir Persetujuan (Informed
Consent).................................... 78
A
– 2 Skala Sikap Orang Tua Mengenai Kekerasan Orang Tua
Pada
Anak Try-Out..................................................................... 79
A
– 3 Skala Sikap Orang Tua Mengenai Kekerasan Orang Tua
Pada
Anak Pre-Test dan Post-Test.............................................. 80
Lampiran
B. 81
B
– 1 Tabulasi Data Try Out.................................................................... 82
B
– 2 Tabulasi Data Pre-Test................................................................... 84
B
– 3 Tabulasi Data Post-Test................................................................. 85
Lampiran
C. 86
C
– 1 Uji Daya Beda & Estimasi
Reliabilitas Skala Try Out................... 87
Lampiran
D. 90
D
– 1 Analisis Data dan Hasil Penelitian................................................. 91
Lampiran
E. 92
E
– 1 Surat Keterangan Try Out.............................................................. 93
E
– 2 Surat Keterangan Penelitian.......................................................... 95
Lampiran
F. 97
F
– 1 Blue Print
Modul........................................................................... 98
F
– 2 Modul Penyuluhan......................................................................... 102
Lampiran
G. 135
G
– 1 Dokumentasi.................................................................................. 136
EFFECT
OF EXTENSION "SUCCESS EDUCATE CHILDREN WITHOUT VIOLENCE" ATTITUDES OF PARENTS OF VIOLENCE
IN
CHILDREN IN TK PERTIWI 2
MIJEN
KABUPATEN
KUDUS
Mahalena
Ristriyanti
Faculty of Psychology, Universitas Islam
Sultan Agung Semarang
ABSTRACT
This study aimed
to determine the effect of a successful extension of non-violent parenting to
parents who commit violence in educating and caring for children. One way to
provide knowledge to the parents about child abuse is by extension. The subjects
used in this study were parents in TK Pertiwi 2 Mijen, Kabupaten Kudus by 15
subjects. Methods of data collection in this study using the Likert scale of
parents' attitudes about the violent parent to the child, giving the scale
performed twice, at the time of pre-test and post-test. This study is the study
design with one-group pretest-posttest design, resulting in non-parametric
statistical tests with unmarked rank test Wilcoxon Signed - Rank Test. Based on
the results of hypothesis testing known p = 0.001, which means there is a
significant difference between the attitude scores of parents in educating
children before and after being given counseling. This suggests that the
hypothesis is accepted.
Keywords:
counseling, parental attitudes, child abuse
Tidak ada komentar:
Posting Komentar